top of page
Search
  • Writer's pictureSyifa

Beli Mobil Bekas untuk Mendapatkan Uang Anda




Minggu lalu saya mengunjungi seorang bibi yang tinggal hanya beberapa blok dari rumah kami. Saya perhatikan sebuah mobil baru yang diparkir di jalan masuknya, GMC 4WD perak yang bagus. Saya bertanya-tanya apakah dia punya tamu hari ini. Sebelum saya sempat bertanya dealer honda semarang, dia muncul dari pintu depan, berseri-seri pada saya dan berseru, "Jadi, bagaimana kamu menyukai mobil baru saya? Saya baru saja membelinya dari dealer GMC di pusat kota kemarin".


Saya sama sekali tidak terkejut karena dia telah mengatakan kepada saya berkali-kali bahwa dia membuang truk lamanya untuk mobil baru. Dia merasa itu cukup besar baginya sekarang karena dia akan menyetir sendiri karena putranya hanya pergi ke negara bagian lain untuk kuliah. "Maksudmu dealer mobil bekas di pusat kota," jawabku. Dia mengangguk dan berkata bahwa dia membeli GMC Acadia 2010 dengan harga hampir 40% lebih murah dari harga baru. Dia menunjukkan saya mobilnya dan mengundang saya untuk menemaninya menyetir "bayi" ini.


4WD peraknya hampir terasa seperti barang baru. Tidak diragukan lagi pemilik sebelumnya pasti merawatnya dengan baik. Saya khawatir keras jika mobil akan membutuhkan banyak perawatan di tahun-tahun berikutnya. Bibiku meyakinkan saya bahwa mobilnya kredit mobil honda semarang dalam kondisi baik, terutama karena pemilik pertamanya sebelumnya adalah seorang karyawan bank perempuan yang tinggal di kota. Dia menggunakan mobil untuk pergi ke dan dari kantornya. Dan untuk perawatan dan perbaikan, selain dari dealer mobil tempat dia membeli sedan, dia tahu tentang dealer GM yang menawarkan layanan di atas jika dia membutuhkannya. Setelah perjalanan yang lancar dan lancar, saya memberi selamat kepada bibi saya karena telah membeli dengan baik.


Naik dengan bibiku di sedan bekasnya, aku bertanya-tanya apakah membeli dari dealer mobil bekas memang pilihan yang bijaksana. Kemudian saya teringat seorang teman yang hampir ketakutan ketika mengetahui bahwa truk barunya memiliki goresan yang buruk karena seseorang baru saja memutuskan untuk merusak eksterior yang mengkilap. Syukurlah, setelah beberapa saat dia bisa mengatasinya dan memutuskan kerusakan hanya pada estetika tetapi mesin mobil dan kondisi keseluruhan tidak terpengaruh sama sekali.


Saya menyadari keuntungan membeli mobil bekas dibandingkan dengan mobil baru adalah sebagai berikut:


Pertama, mobil baru benar-benar mengalami penurunan harga begitu Anda mengusirnya dari dealer mobil mana pun, baik itu dealer GMC. Depresiasi tidak berhenti sampai di situ tetapi terus berlanjut selama beberapa tahun ke depan. Diperkirakan sebuah mobil baru kehilangan 25% dari nilainya di tahun pertama saja tingkat penyusutan tahun-tahun berikutnya keluar. Kerugian membeli mobil baru ini adalah keuntungan saat membeli mobil bekas. Mobil bekas terdepresiasi lebih sedikit setelah membelinya daripada mobil baru.


Jika Anda memberi nilai tinggi pada harga, menemukan mobil bekas yang bagus sangat bermanfaat. Ada kepercayaan umum bahwa membeli mobil bekas berisiko dan pembeli akhirnya akan membayar lebih banyak untuk perawatan dan kerusakan mobil. Namun, fakta bahwa mobil saat ini dan seperti di masa lalu dapat diandalkan dan tahan lama bertentangan dengan kepercayaan ini. Contoh ekstrem adalah mobil berusia 15 hingga 20 tahun yang dapat terlihat berjalan di jalanan saat ini.


2 views0 comments

Commentaires


bottom of page