top of page
Search
  • Writer's pictureSyifa

Ciptakan Liburan yang Cukup Indah di Karimunjawa





"Dia yang tahu bahwa cukup sudah cukup akan selalu cukup" ~ Lao Tzu


Belanja, daftar belanja, penjualan belanja, belanja yang harus dimiliki, belanja makanan, belanja hadiah, belanja. Semuanya dimulai minggu sebelum Thanksgiving. Dan sementara "liburan" - periode waktu antara Thanksgiving dan Tahun Baru - dimaksudkan untuk menjadi gembira, karena banyak Thanksgiving menandakan awal dari lima minggu stres tanpa henti. Kombinasi dan tekanan dari memberi dan menerima, komitmen sosial, dekorasi, memasak dan memanggang, minum dan makan, mengisi setiap momen bebas dengan tugas-tugas liburan membuat banyak orang merasakan liburan biru daripada liburan bersorak-sorai.


Faktanya, sebuah studi tentang dampak stres liburan oleh Asosiasi Psikologis Amercian karimunjawa murah menemukan bahwa "orang bertanya-tanya di mana mereka akan menemukan waktu dan uang untuk menyelesaikan semuanya. Selama masa inilah banyak orang mengalami peningkatan stres yang dapat mengurangi dari perayaan dan downtime yang mereka cari. "


Dalam kata-kata cemerlang Henry David Thoreau, "Sederhanakan, sederhanakan."


Berhentilah sejenak, lupakan liburan bisnis seperti biasa, tutup mata Anda dan bayangkan seperti apa liburan Anda yang sempurna. Apakah itu tenang, reflektif dan intim dengan yang Anda cintai? Apakah ini pertemuan besar teman dan keluarga? Apakah ini berpusat pada orang-orang dalam hidup Anda? Saya tidak bisa membayangkan bahwa gambar sempurna Anda termasuk hiruk pikuk liburan yang kami lalui sepanjang tahun.


Berikan diri Anda hadiah ini: Rebut kembali "liburan" dan tentukan apa artinya itu bagi Anda. Bagi saya, ini adalah waktu untuk fokus pada apa yang penting dalam hidup saya: keluarga, teman dekat, terima kasih, pengampunan, dan kemurahan hati. Selama bertahun-tahun saya telah mengasah dalam prioritas ini dan ketika saya merasa tertekan saya bertanya pada diri sendiri, "apakah ini melayani visi liburan saya?" Pertanyaan yang satu ini telah mengubah liburan saya dari latihan overabundance menjadi penciptaan musim yang penuh keajaiban.


Ada beberapa pilihan sederhana dan bijaksana untuk dipertimbangkan ketika mengambil kembali liburan Anda dan mendesainnya untuk mencerminkan hidup Anda.


Pertimbangkan perampingan - Merencanakan makanan rumit, termasuk setiap kerabat yang belum Anda lihat sejak liburan tahun lalu, orang gila untuk membeli semua hadiah di daftar semua orang, mengeluarkan kotak dan kotak dekorasi yang disimpan di ruang bawah tanah, menerima setiap hadiah undangan liburan yang Anda terima ... apakah ini melayani visi liburan Anda? Bagaimana ini melayani Anda? Keluargamu? Teman dekatmu? Jika jawabannya "tidak," biarkan saja.


Makanan - Pertimbangkan untuk mengurangi porsi makanan rumit yang Anda persiapkan sendiri karena alasan berikut:

a.) itu menciptakan stres dengan memaksa Anda untuk menghabiskan setiap menit gratis bergegas dan mempersiapkan.

b.) makanan yang berlimpah biasanya menghasilkan banyak sampah.

c.) kebanyakan orang tidak ada di sana untuk makan. Mereka benar-benar tidak peduli.


Makan liburan yang baru saja direvisi, (dan, pada kenyataannya, semua kumpul-kumpul wisata karimunjawa yang saya selenggarakan) adalah makanan komunitas. Sebagai tuan rumah saya mengatur nada, tetapi semua orang memainkan peran penting. Acara komunitas menciptakan inklusi dan keterhubungan. Seperti apa itu untuk Anda? Bagi saya, saya meminta semua orang membawa hidangan favorit mereka, atau bunga, atau anggur.


Dan, ini yang besar, apakah Anda siap? Meminta bantuan.


Makan bersama masyarakat berarti anggota masyarakat terlibat dari awal hingga akhir. Jika Anda benar-benar mengelilingi diri Anda dengan teman dan keluarga yang akrab, Anda akan mendapatkan bantuan di setiap langkah - mulai dari pengaturan hingga dekorasi hingga pembersihan. Plus, ada bonus tambahan menghabiskan sedikit waktu ekstra dengan orang-orang istimewa itu. Pada lebih dari satu kesempatan saya telah melakukan percakapan yang mengubah hubungan selama pengaturan sebelum komunitas lainnya tiba.

3 views0 comments

Comments


bottom of page